Minggu, Agustus 12, 2012

Titrasi Asam Basa

       Titrasi merupakan salah satu metode analisa kimia, yakni untuk mencari nilai konsentrasi suatu larutan dengan membandingan dengan larutan yang lain yang telah diketahui konsentrasinya. Metode ini dilakukan dengan cara larutan yang telah diketahui konsentrasi dan volumenya dicampur setetes demi setetes dengan larutan dari dalam buret yang belum diketahui konsentrasinya hingga titik ekivalen, sehingga volume untuk larutan yang belum diketahui konsentrasinya diketahui. Kemudian perhitungan dilakukan dengan menggunakan perbandingan dengan rumus:
                      V1.M1 = V2.M2
Dimana: M1 = Konsentrasi larutan yang belum diketahui
             M2 = Konsentrasi larutan yang telah diketahui

       Dalam titrasi dikenal istilah titran/titer dan titrat/analit. Titran/titer merupakan larutan yang berada di dalam buret, baik itu asam ataupun basa. Sedangkan titrat merupakan larutan yang akan dianalisa kadar atau konsentrasinya.
       Titrasi asam basa merupakan metode penetapan kadar suatu zat (asam atau basa) berdasarkan reaksi asam basa. Bila sebagai titran digunakan larutan baku asam maka titrasi tersebut dinamakan titrasi asidimetri. Sebaliknya bila larutan basa sebagai titran dinamakan titrasi alkalimetri.
       Dalam titrasi digunakan larutan standar. Larutan standar yang digunakan harus bereaksi secara kuantitatif dengan zat yang akan dititrasi. Larutan standar sendiri ada dua macam, yaitu larutan standar primer (larutan yang tidak perlu distandarisasi) dan larutan standar sekunder (larutan yang harus distandarisasi terlebih dahulu).
       Dalam titrasi asam basa digunakan suatu indikator sebagai penanda untuk titik ekivalennya. Perubahan warna pada titik ekivalen dalam titrasi asam basa  terjadi akibat indikator yang bereaksi dengan sedikit kelebih titran/titer. Perubahan warna inilah sebagai tanda bahwa titik ekivalen telah terlewati dan titrasi harus dihentikan. Indikator yang digunakan dalam titrasi asam basa ini haruslah sesuai range pH pada titik ekivalen agar perubahan dapat jelas teramati.

Sumber:
http://kimiaanalisa.web.id/titrasi-asam-basa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar